BERITA RIAU, PEKANBARU - Fakultas Hukum Universitas Riau menaja Seminar Nasional dengan tema "Memperkuat Pertahanan, Keamanan, dan Penegakan Hukum pada Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan", di Ball Room Hotel Pangeran, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Selasa (24/11/2015).

Seminar Nasional yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Riau yang menghadirkan empat orang narasumber berkompeten dibidangnya yaitu Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof Hikmahanto Juwana dan Direktur Jenderal Pertahanan Kemenhan Brigadir Jenderal TNI Subagio.

Sementara dua orang narasumber lainnya yaitu dari Kementerian Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Drs Robert Simbolon dan Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Riau AKBP Toni Ariandi.

Dalam pemaparannya, Guru Besar Hukum Internasional FH Universitas Indonesia, Prof Hikmahanto Juwana Hikmahanto menjelaskan, tiga dimensi dalam wilayah kedaulatan dan hak berdaulat suatu negara diantaranya darat, laut, dan udara. Ketiga dimensi ini memiliki batas-batas antara NKRI dengan negara-negara tetangga yang harus di jaga maka perlunya penambahan anggaran pertahanan yang harus digesah oleh pemerintah.

"Masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan agar masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan mendapat kesejateraan tidak ada pembeda sosial antara masyarakat di kedua perbatasan negara," ungkap Hikmahanto Juwana.

Hikmahanto menambahkan, "hal ini pentingnya memperkuat pertahanan perbatasan bukan hanya melalui penambahan agaran pertahanan saja, tapi pelunya dukungan kepada. seluruh lapisan masyarakat ikut serta mengamankan NKRI, serta TNI yang mengelola perbatasan dengan baik, yang harus dilengkapi dengan alursista pertahanan yang canggih tidak kalah dengan negara tetangga," 

Di kesempatan yang lain, Ketua Panitia, Ledy Diana SH MH, 'mengungkapkan diadakan seminar nasional tentang tema ini oleh Fakultas Hukum Universitas Riau bertujuan untuk pemahaman mengenai dan mengetahui terhadap pertahanan perbatasan kepada generasi muda terutama untuk mahasiswa-mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau," pungkasnya. (dow/dbs)

photo : erdiansyah fb (doc)

Fakultas Hukum Universitas Riau menaja Seminar Nasional dengan tema "Memperkuat Pertahanan, Keamanan, dan Penegakan Hukum pada Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan", di Ball Room Hotel Pangeran, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Selasa (24/11/2015).

Post a Comment

Powered by Blogger.