BERITA RIAU, INDRAGIRI HULU - Kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) nyaris meledak kan gudang dinamit milik PT.Riau Bara Harum (PT.RBH) di desa Kelesa yang telah lama di tinggalkan.

Nyaris meledak nya gudang dinamit yang masih penuh berisi dinamit akibat kebakaran lahan diareal PT.RBH yang telah lama tidak beroperasi ini, berhasil diselamatkan ‎aparat kepolisian dari Polsek Seberida dan prajurit TNI Kodim 0302 Inhu serta personil Satpol PP Pemkab Inhu yang bahu membahu memadamkan api yang menjalar ke arah gudang dinamit. Sebagaimana disampaikan Kapolsek Seberida Kompol Bastari kepada wartawan Kamis (29/10/15). 

Diungkapkannya kejadian tersebut terjadi pada Rabu (28/10/15), dimana saat itu lahan milik PT RBH seluas dua hektar terbakar dan apinya menjalar ke sebuah gudang tempat penyimpanan dinamit yang biasa digunakan PT RBH untuk meledakkan lokasi tambang batu bara.‎ 

"Saat kami sampai di lokasi api sudah sangat dekat menjalar ke samping gudang dinamit. Tim langsung bergerak cepat sehingga dapat mengendalikan api dan berhasil dipadamkan," ujarnya .‎

Gudang berisi bahan peledak dinamit tersebut sudah lama ditinggalkan PT RBH sejak tidak beroperasi beberapa tahun lalu. Namun isi gudang masih penuh dengan dinamit yang sangat membahayakan akibat selama ditinggalkan oleh PT.RBH tidak pernah dijaga dan diurus. 

"Tonasenya saya kurang tau, tapi gudang itu penuh dengan bahan peledak," tegasnya. ‎ Ditambahkan Kompol Bastari pihaknya tidak dapat memindahkan gudang dinamit peninggalan PT RBH karena harus mendapat izin dari Mabes Polri. Untuk itu pihaknya segera melaporkan keberadaan gudang dinamit itu kepada atasannya karena dianggap dapat membahayakan keselamatan masyarakat. 

"Kalau gudang dinamit itu terbakar akan memunculkan ledakan yang sangat besar dan dikhawatirkan bisa memakan korban khususnya masyarakat sekitar Kecamatan Seberida. Tapi Alhamdulillah, tim kami dapat memadamkan titik api pada saat itu dan tidak ada korban jiwa baik dari masyarakat maupun anggota tim pemadaman," jelasnya. (dow)

Kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) nyaris meledak kan gudang dinamit milik PT.Riau Bara Harum (PT.RBH) di desa Kelesa yang telah lama di tinggalkan.

Post a Comment

Powered by Blogger.