BERITA RIAUBENGKALIS - Setelah resmi melakukan kegiatan pembelajaran pada April 2015 lalu, kini Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bee Star kian eksis dengan meluncurkan enam lembaga semi otonom. Lembaga-lembaga yang dilahirkan Bee Star yakni: 

1) Bee Star Grow (Rumah Hidroponik)
2) Bee Star Course (Lembaga Pelatihan)
3) Bee Star Annisa (Lembaga Pemberdayaan Perempuan)
4) Bee Star Ananda (Rumah Terapi Anak Berkebutuhan Khusus)
5) Bee Star Percussion (Perkusi Kreatif Barang Bekas)
6) TBM Bee Star (Taman Bacaan Masyarakat)
7) Bee Star Archery School (Sekolah Panahan)

Lembaga-lembaga tersebut nantinya akan dikelola secara profesional guna menaungi seluruh kegiatan warga belajar PKBM Bee Star secara khusus dan masyarakat secara umum. Dalam praktiknya, lembaga yang biaya pengelolaannya berasal dari dana ZISWaf itu diharapkan menjadi pemicu perbaikan kualitas hidup masyarakat secara umum baik dari segi ekonomi maupun keagamaan.

"Bukan sekedar dilahirkan tapi lembaga-lembaga itu akan punya peran lebih dalam pembangunan karakter masyarakat yang mandiri," sebut Miardi, Manager PKBM Bee Star, Selasa (25/8).

Miardi mengklaim beberapa lembaga yang berada di bawah koordinasinya adalah yang pertama dan satu-satunya di Duri.

"Dari pengamatan yang kami lakukan, untuk Bee Star Archery School dan Bee Star Grow itu adalah yang pertama dan satu-satunya di Duri," tandas pria 27 tahun itu.

Ditambahkan Miardi, dalam waktu dekat Bee Star Grow akan melaksanakan Pelatihan Hidroponik yang dibuka untuk umum. Untuk itu, pihaknya mengajak masyrakat luas dapat terlibat dalm pelatihan yang diorientasikan untuk membuka peluang usaha bagi warga belajar PKBM yang beralamat di Jalan Aman no 34 Duri tersebut.

"Warga belajar Bee Star adalah mustahik sehingga pelatihan tersebut diharapkan mampu memberikan mereka potensi ekonomi baru agar mereka dapat memperbaiki kondisi mereka," imbuhnya.

Pelatihan yang juga dibuka untuk umum itu mematok biaya Rp 100.000 yang dinyatakan sebagai infak untuk pengembangan PKBM Bee Star dan Bee Star Grow.(man/rls)

Post a Comment

Powered by Blogger.