RiauCitizen.com, Budaya - Sebanyak tiga anggota jajaran Kepolisian Daerah Riau dinominasikan dalam Komisi Kepolisian Nasional Award 2015.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Wartwan di Pekanbaru, Jumat, menjelaskan ketiga anggota Polri yang dinominasikan tersebut adalah Brigadir Suheri Sitorus berasal dari Polres Rokan Hulu, Brigadir David Polres Kampar dan Aiptu Karim Silalahi Polres Siak.

"Ketiganya dinominasikan ke dalam Kompolnas Award atas dedikasi yang mereka berikan kepada masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan Brigadir Suheri Sitorus dinominasikan setelah petugas Babinkabtibmas di Desa Pauh tersebut mengajar baca tulis kepada masyarakat Suku Bonai, Kecamatan Kunto Darussalam, sejak tahun 2012.

Selama mengajar Suheri tidak pernah menetapkan biaya sama sekali kepada masyarakat, bahkan tidak jarang yang bersangkutan mengeluarkan dana pribadi hanya untuk sekedar membeli kopi guna menarik minat warga untuk belajar.

"Yang belajar tidak hanya sebatas anak-anak, orang tua turut diajar olehnya sehingga tidak jarang dia membeli kopi untuk sekedar menarik minat warga belajar," jelasnya.

Selain Suheri yang mengajar Suku Bonai, terdapat juga anggota Polri lainnya yakni Brigadir David, petugas Babinkabtibmas Polres Kampar.

Menurut Guntur, David selama ini memberdayakan ekonomi masyarakat dengan cara memberikan pelajaran kepada pemuda setempat dengan keterampilan tertentu seperti bengkel motor sehingga pemuda yang awalnya tidak memiliki pekerjaan dapat membuka usahanya sendiri.

Kemudian, David juga memberdayakan ekonomi setempat yang mayoritas nelayan untuk dengan menjadi penampung ikan sehingga harga yang dihasilkan menjadi lebih layak.

Berbeda dengan David dan Suheri, Aiptu Karim yang bertugas di Sungai Apit, Siak, membantu masyarakat yang mayoritas petani karet dengan cara menstabilkan harga karet dan menghindari para pengepul yang kerap mematok harga rendah.

"Dengan begitu, pendapatan masyarakat terangkat dan mengurangi gesekan antar petani karet," jelasnya.

Guntur mengatakan ketiga petugas yang dinominasikan pada Kompolnas Award 2015 nantinya dapat menjadi contoh kepada polisi lainnya agar turut berkontribusi dan memberdayakan masyarakat setempat.

"Kita berharap nantinya timbul Suheri, David dan Karim lainnya di Riau yang dekat dengan masyarakat," jelasnya.(dow/anr)

Post a Comment

Powered by Blogger.