BENGKALIS, DURI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Komisi I DPRD Bengkalis bakal menjemput blanko KTP elektronik (e-KTP) ke Direktorat Jenderal Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Jakarta. Cara ini diharapkan dapat memperoleh lebih banyak blanko dan ngirit biaya jemput blanko tersebut. 

“Kita sudah sepakat dengan anggota Komisi I, Insyaa Alloh nanti kita berangkat ke Jakarta pada Rabu lusa,” ungkap Kepala Disdukcapil Bengkals, Renaldi kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, Senin (1/10/18). 

Menurut Renaldi, dengan adanya pendampingan ini dirinya berharap bisa memperoleh blanko dengan sebanyak yang diperlukan dan melayani masyarakat. Karena data yang ada, jumlah print ready record (PRR) dengan berkas yang masuk ada sekitar 30 ribu lebih permohonan. 

Kemudian dengan jumlah ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi (Rakor) nasional Dukcapil seluruh Indonesia beberapa waktu lalu, diinstruksikan untuk segera mencetak e-KTP warga yang PRR dan berkas masuk atau perubahan data, hilang dan rusak. 

“Dengan ditemani oleh Komisi I, mudah-mudahan jumlah blanko 30 ribu bisa direalisasikan. Jadi kita tidak perlu berkali-kali menjemput dan memerlukan biaya yang lebih besar ke Jakarta,” katanya lagi. 

Pria lulusan IPDN ini juga mengimbau kepada masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Dukcapil jika tidak ada urusan yang darurat. Masyarakat cukup melihat pengumuman di masing-masing UPTD, apakah e-KTP sudah dicetak apa belum. 

“Namun kita tidak bisa membatasi jika ada masyarakat yang sifatnya darurat seperti untuk berobat, atau menikah silahkan ke kantor UPTD untuk meminta surat keterangan pengganti e-KTP-nya,” imbaunya.(dow)

BENGKALIS, DURI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Komisi I DPRD Bengkalis bakal menjemput blanko KTP elektronik (e-KTP) ke Direktorat Jenderal Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Jakarta. Cara ini diharapkan dapat memperoleh lebih banyak blanko dan ngirit biaya jemput blanko tersebut. “Kita sudah sepakat dengan anggota Komisi I, Insyaa Alloh nanti kita berangkat ke Jakarta pada Rabu lusa,” ungkap Kepala Disdukcapil Bengkals, Renaldi kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, Senin (1/10/18).

Post a Comment

Powered by Blogger.