RIAU, PEKANBARU - Penerimaan CPNS 2018 akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Pemerintah membuat skema penerimaan CPNS dilakukan usai hajatan pilkada serentak nanti.

Penerimaan calon abdi negara itu untuk mengisi kebutuhan tenaga baru, terutama untuk formasi teknis dan spesialis. Jika pada penerimaan CPNS sebelumnya lebih banyak tenaga administratif, pada seleksi 2018 ini jauh berbeda.


Pemerintah juga tidak mengangkat honorer sebagai CPNS. Bagi honorer ingin mengabdi sebagai PNS, harus mengikuti seleksi umum yang digelar serentak nantinya.

Persaingan merebut posisi sebagai aparatur negara sangat ketat.  Bahkan, satu formasi dapat direbut ribuan orang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menjelaskan mulai 2018 sampai 2024 pemerintah akan terus menerima CPNS.

Namun, lebih diutamakan jabatan teknis dan spesialis. Hal itu untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Menurut Asman, pemerintah membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki spesialisasi keahlian.

Tenaga tersebut sesuai tujuan arah pembangunan nasional dan daerah serta sasaran nawacita. Beberapa tenaga CPNS yang diperlukan adalah tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Jumlah PNS saat ini sekitar 4,3 juta lebih.

Selain guru, PNS pada bidang tenaga pelaksana atau administrasi mencapai 1,6 juta atau 38 persen. Terkait persaingan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin ketat, ada beberapa cara agar lolos seleksi.

Satu di antaranya adalah mempelajari soal-soal tes CPNS. Seperti diketahui, tes penerimaan CPNS melalui berbagai tahapan.

Tahapan tes menggunakan computer assisted test (CAT) membutuhkan ketelitian dan kemampuan berpikir peserta.

Mengulang-ulang materi contoh soal CPNS dianggap cukup membantu peserta.

Berikut ini kumpulan soal CPNS untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS 2018.

Bisa di-download gratis kumpulan soal tes CPNS 2018 melalui tautan ini.

#1 Soal Tes CPNS 1


#2 Soal Tes CPNS 2


#3 Soal Tes CPNS Tata Negara


#4 Soal Tes CPNS Falsafah Idieologi


#5 Soal Tes CPNS Sejarah Nasional Indonesia


#6 Soal Tes CPNS Pengetahuan Umum


#7 Soal Tes CPNS Bahasa Indonesia


#8 Soal Tes CPNS Bahasa Inggris


#9 Soal Tes CPNS Antonim (Lawan Kata)


#10 Soal Tes CPNS Padanan Kata


#11 Soal Tes CPNS Menggambar


#12 Soal Tes CPNS Bakat Skolastik


#13 Soal Tes CPNS Aritmatik


#14 Soal Tes CPNS Logika Angka


#15 Soal Tes CPNS Logika Formil


Sebelum pelaksanaan tes CPNS 2018, ada baiknya jauh-jauh diri mempersiapkan berkas-berkasnya. Jangan sampai, saat hari H, peserta kerepotan melengkapi persyaratan yang ditentukan panitia.

Kadang ada persoalan sepele yang terlupakan, misalnya tertinggal KTP atau alat tulis. Untuk itu, agar siap menghadapi tes CPNS, syarat-syarat ini jangan dilupakan.

1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
4. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar - latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi ijazah/STTB
4. Fotokopi ijazah SD
5. Fotokopi ijazah SLTP
6. Fotokopi ijazah SLTA(dow)

RIAU, PEKANBARU - Penerimaan CPNS 2018 akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Pemerintah membuat skema penerimaan CPNS dilakukan usai hajatan pilkada serentak nanti. Penerimaan calon abdi negara itu untuk mengisi kebutuhan tenaga baru, terutama untuk formasi teknis dan spesialis. Jika pada penerimaan CPNS sebelumnya lebih banyak tenaga administratif, pada seleksi 2018 ini jauh berbeda.

Post a Comment

Powered by Blogger.