INDRAGIRI HULU, RENGAT - Faktor anggaran menjadi pemicu, hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2018 yang hanya berada diposisi 10 dari Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Riau. 

Terpuruknya hasil UN SMP sederajat Kabupaten Inhu 2018 akibat terbentur anggaran, hingga hanya menempati posisi 10 dari Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Riau. Disampaikan Kadisdik Inhu Ujang Sudrajat, saat dikonfirmasi Sabtu (26/5/18) melalui pesan WA yang dikirimnya. 

"Pada tahun ini beberapa sekolah kurang intensif dalam melaksanakan Tryout (Uji Coba) UN dikarenakan keterbatasan anggaran dana Bos dan dilarang melakukan pungutan dari orang tua, sehingga berpengaruh terhadap kesiapan siswa dalam menghadapi UN," tegasnya. 

Selain itu guru-guru mata pelajaran UN yang tergabung dalam MGMP juga tidak melaksanakan kegiatan bedah SKL, karena tidak ada bantuan anggaran dari pemerintah sehingga guru-guru tidak menyusun soal-soal uji coba yang baru sebagai sarana latihan bagi siswa. Ungkapnya. 

Ditambahkanya, perolehan nilai UN yang rendah umumnya terjadi pada sekolah swasta, sekolah satu atap, sekolah marginal, dan sekolah terbuka yang jumlahnya cukup banyak di Inhu, dimana pada sekolah tersebut masih belum didukung oleh fasilitas dan tenaga pendidik yang memadai. 

"Sesuai arahan Mendikbud, Inhu selalu menanamkan prinsip kepada seluruh sekolah dan peserta ujian agar mengutamakan integritas dan kejujuran, sehingga selama proses UN siswa dilarang keras nyontek dan guru maupun pengawas dilarang membantu siswa menjawab soal ujian," ujarnya. 

Walau hasil UN SMP Inhu berada pada rangking 10, namun prestasi nilai siswa sekolah negeri di Inhu relatif meningkat dari tahun sebelumnya, banyak siswa yg meraih nilai diatas 300 (diatas rata-rata Provinsi). Hal ini juga didukung oleh 6 SMPN Inhu yang sudah melaksanakan UNBK. 

"Ranking tersebut didasarkan pada rata-rata perolehan nilai UN 4 mata pelajaran, dimana jumlah nilai dibagi jumlah siswa dari seluruh sekolah SMP/MTs Negeri dan Swasta se-Inhu," jelasnya.(dow)

INDRAGIRI HULU, RENGAT - Faktor anggaran menjadi pemicu, hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2018 yang hanya berada diposisi 10 dari Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Riau. Terpuruknya hasil UN SMP sederajat Kabupaten Inhu 2018 akibat terbentur anggaran, hingga hanya menempati posisi 10 dari Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Riau. Disampaikan Kadisdik Inhu Ujang Sudrajat, saat dikonfirmasi Sabtu (26/5/18) melalui pesan WA yang dikirimnya.

Post a Comment

Powered by Blogger.