INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM.Wardan yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) H.Zainal Arifin, SKM hadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2015, Sabtu (15/10/2016).

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia ini digelar di Halaman SD Negeri 009 Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, yang dihadiri Wakil Ketua TP.PKK Inhil Dr.Raihana Ara, Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Se-Inhil, Kepala Upt Pukesmas.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Inhil
Acara tersebut diawali dengan peyerahan Satu Paket Alat Cuci Tangan dan Peyerahan Akte Kelahiran Secara Gratis dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil KabupatenbInhil yang  di serahkan langsung oleh Kepada Kepala Sekolah SD Negeri 009 serta Anak Muridnya.

Tujuan Pelaksanaan ini adalah menerapkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun kepada masyarakat yang akhirnya akan menjadi prilaku hidup bersih dan sehat. Sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini dan tempat pelaksanaan Murid SD 009 Negeri  Dari Kelas 1 hingga kelas VI Berjumlah 500 orang murid.

"Alhamdullilah, pada hari ini kita kembali Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia merupakan sebuah Kampanye Global dan telah dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya. Baik pihak Pemerintah maupun swasta, untuk meningkatkan budaya mencuci tangan dengan sabun oleh Masyarakat. Untuk Menurunkan tingkat kematian Balita, dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup Manusia," ucap Wardan diwakili oleh Kadinkes H.Zainal Arifin,SKM,M.Kes.

Kerugian berupa penderitaan dan biaya -biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangi dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian terkait dengan penyakit Diare hingga Hampir 50 %.

Disamping itu kampanye juga dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pembangunan Fasilitas sanitasi di Sekolah.

"Pada tahun ini, Tim Penggerak PKK Inhil bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Inhil kembali melaksanakan Peringati Hari Cuci Tangan Se-Dunia (HCTPS) Namun, berbeda HCTPS tahun 2015 lalu yang mana pesertannya  adalah anak-anak Murid Sekolah Dasar

Penyelenggara HCPTS ini merupakan sebuah langkah nyata gerak Kesatuan PKK dalam membantu Pemerintah Daerah memberikan kesadaran betapa pentingnya prilaku hidup Bersihdan sehat yang dimulai sejak dini, sekaligus menunjang Pembangunan Daerah Khususnya Di Bidang Kesehatan

Hingga saat ini Peyakit Infeksi Menular seperti Diare,dan Infeksi saluran Pernafasan masih mengancam kesehatan anak-anak , Termasuk Indragiri Hilir

CTPS ini perlu dilakukan pada waktu-waktu penting seperti, sebelum makan, sebelum memegang/Mengolah/meyiapkan makanan, lalu sesudah buang air besar dan kontak dengan Hewan ataupun Tanah.

Oleh sebab itu, kita perlu memberikan edukasi kepada pada Anak-Anak dan keluarga tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan melalui Hal yang paling  sederhana, yaitu cuci tangan pakai sabun.

Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun ini, Merupakan Program Tahunan Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil yang diharapkan tidak hanya sebatas seremoni belaka, namun juga akan dapat dijadikan budaya atau gaya hidup sehat kita semua.

"Melalui Momentum HTCPS ini, saya juga berharap agar para orang tua,guru sekolah serta seluruh Mitra Terkait dapat senantiasa meyediakan lokasi dan sarana CTPS dalam jumlah yang Memadai. Saya juga mengingatkan untuk terus melakukan Edukasi Mengenai Prilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada anak Didik dan Masyarkat,"

Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini saya menghimbau marilah kita ajak keluarga dan masyarakat di sekitar kita untuk ikut membiasakan perilaku cuci tangan pakai sabun yang merupakan prilaku hidup sehat dan sederhana serta dapat dilaksanakan dengan singkat di rumah rumah sendiri, di sekolah dan tempat-tempat umum lainnya, sekaligus menjadikannya sebagai perilaku hidup sehat yang haruit terapkan dalam kehidupan sehari-hari," himbau Bupati.(hum10)

Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM.Wardan yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) H.Zainal Arifin, SKM hadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2015, Sabtu (15/10/2016). Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se-Dunia ini digelar di Halaman SD Negeri 009 Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, yang dihadiri Wakil Ketua TP.PKK Inhil Dr.Raihana Ara, Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Se-Inhil, Kepala Upt Pukesmas.

Post a Comment

Powered by Blogger.