BENGKALIS, BANTAN - Baru tiga bulan sudah 400 hektar lahan di Bengkalis terbakar. Cuaca panas yang terjadi di Kabupaten Bengkalis beberapa bulan terakhir membuat lahan di tempat ini mudah terbakar. Sudah ratusan hektar lahan perkebunan dan hutan milik warga habis dilahap sijago merah dibeberapa kecamatan di Bengkalis.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Bengkalis
Kabid Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran(DAMKAR) Kabupaten Bengkalis, Suis Wantoro mengatakan kepada wartawan, juma’at (15/04/2016)  bahwa dari bulan Januari, Febuari hingga  Maret 2016 ini sudah mencapai 400 hektar lahan dan hutan yang terbakar, data ini diperoleh dari data dari Badan Penanggulangan Bencana.

“Tahun ini wilayah yang banyak terbakar yaitu di wilayah bukit Batu tepatnya  dikawasan hutan milik perusahaan PT.SPA, lahan yang terbakar hampir 200 hektar, sedangkan sisanya merupakan lahan milik warga dan lahan kosong," ujar Suiswantoro.

Sementara itu 200 hektar lahan lagi merupakan lahan milik warga di di kecamatan Bengkalis, kecamatan bantan, kecamatan Bukit Batu dan kecamatan Siak kecil.

Suiswantoro mengatakan bahwa  lahan yang terbakar pada tahun 2016 ini lebih banyak dibandingkan tahun 2015 lalu hal ini dibuktikan dengan  lokasi kebakaran yang telah  berhasil dipadamkan.

Berdasarkan data yang diperoleh bahwa wilayah yang mengalami kebakaran yaitu,  desa Air putih,, desa  Senggoro, desa ketam putih, kecamatan Bengkalis, sedangkan dikecamatan Bantan yaitu di desa Bantan Tua, kembung Baru, dan desa teluk Lancar.

“Dikecamatan Bengkalis dan kecamatan Bantan  tak sedikit  kebun warga yang terbakar  dan tak sedikit pula kerugian yang dialami,” ujar Suis.

Ia juga mengatakan bahwa lahan yang terbakar merupakan lahan karet dan kelapa lahan yang merupakan mata pencarian masyrakat sehari-hari dan tak sedikit kerugian yang dialami serta hilangnya mata pencarian untuk memenuhi kebutuhan hidup.

 Sumber api yang terbakar hingga kini belum diketahui tetapi  menurut suis bahwa lahan yang terbakar juga merupakan bekas kebakaran yang lama, ia kembali terbakar.

 Kita  berharap untuk kedepan kebakaran ini bisa diatasi dan tidak terjadi kebakaran, dan kita akan terus berupaya agar kebakaran ini bisa diatasi.(dow/sif)

Baru tiga bulan sudah 400 hektar lahan di Bengkalis terbakar. Cuaca panas yang terjadi di Kabupaten Bengkalis beberapa bulan terakhir membuat lahan di tempat ini mudah terbakar. Sudah ratusan hektar lahan perkebunan dan hutan milik warga habis dilahap sijago merah dibeberapa kecamatan di Bengkalis. Kabid Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemadam Kebakaran(DAMKAR) Kabupaten Bengkalis, Suis Wantoro mengatakan kepada wartawan, juma’at (15/04/2016) bahwa dari bulan Januari, Febuari hingga Maret 2016 ini sudah mencapai 400 hektar lahan dan hutan yang terbakar, data ini diperoleh dari data dari Badan Penanggulangan Bencana.

Post a Comment

Powered by Blogger.