BENGKALIS, BENGKALIS KOTA - Dalam rangka Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan  (MDPT) UED-SP, yang di padukan dengan acara  Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis H Muhammad, menghimbau seluruh masyarakat diwilayah berjuluk Negeri Junjungan agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, salah satunya menggalakkan budaya tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

 http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Bengkalis
Hal tersebut diungkapkan Muhammad saat membuka Deklarasi Desa Stop BABS di desa Air Putih, Rabu sore (23/03/2016). Menurutnya, apabila masih ada warga yang BABS, maka kita semua punya tanggung jawab untuk saling mengingatkan satu sama lain, termasuk jika hal itu dilakukan anak-anak.

Oleh karena itu, agar deklarasi stop BABS tidak hanya terkesan sebagai acara seremonial belaka, orang nomor dua di Bengkalis ini juga menghimbau kepada aparatur Pemerintahan Desa, bidan maupun tenaga kesehatan untuk secara aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Jangan pernah bosan untuk mengingatkan warga agar tidak melakukan kebiasaan yang tidak sesuai dengan pola hidup bersih dan sehat ini, “katanya.

Lebih lanjut Wabup Muhammad mengungkapkan, dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat yang baik dan benar, manfaatnya selain menjaga air semakin bersih dan udara semakin segar juga menjauhkan masyarakat daritimbulnya berbagai penyakit seperti diare, thypoid, hepatitis dan lain sebagainya.

"Sedangkan dari aspek ekonomi, kerugian yang ditimbulkan dari dampak buruknya sanitasi nilainya juga sangat besar" ungkapnya lagi.

Buang air sembarangan ini sangat berbahaya dan memiliki dampak buruk bagi massyarakat, diharapkan kepada orag tua, agar bisa mengingatkan dan mengajarkan anak agar tidak buang air besar sembarangan, serta memanfaatkan toilet atau wc yang ada.

Selain melatih anak agar  hidup bersih dan sehat, selain itu juga mendidik anak agar tidak mencemari udara dan lingkungan, serta menebarkan wabah penyakit.

Kegiatan yang dipadukan dengan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) tahun 2015 ini juga dihadiri anggota DPRD Riau Dapil Bengkalis, Dumai dan Kepulauan Meranti Abdul Vattah, Camat Bengkalis Djamaluddin dan Kepala BPMPD kabupaten Bengkalis, H Ismail.(ben03)

Dalam rangka Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) UED-SP, yang di padukan dengan acara Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis H Muhammad, menghimbau seluruh masyarakat diwilayah berjuluk Negeri Junjungan agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, salah satunya menggalakkan budaya tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Hal tersebut diungkapkan Muhammad saat membuka Deklarasi Desa Stop BABS di desa Air Putih, Rabu sore (23/03/2016). Menurutnya, apabila masih ada warga yang BABS, maka kita semua punya tanggung jawab untuk saling mengingatkan satu sama lain, termasuk jika hal itu dilakukan anak-anak.

Post a Comment

Powered by Blogger.