KUANTAN SINGINGI, TELUK KUANTAN - Manajemen RSUD Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mulai Senin (21/3) menghentikan sementara pelayanan kesehatan terhadap pasien peserta BPJS Kesehatan, karena pengadaan obat bagi pasien BPJS Kesehatan masih bermasalah.

http://www.riaucitizen.com/
"Ini kebijakan yang paling tidak diinginkan, namun harus dilakukan karena pengadaan obat untuk pasien BPJS Kesehatan belum ada solusinya, kendati masalah ini sudah disampaikan ke pejabat terkait," kata Direktur Teluk Kuantan, dr David Oloan Napitulu MArs, dalam keterangannya, Minggu (20/3).

Menurut dia, RSUD Teluk kuantan terpaksa tidak beroperasional sementara dalam melayani pasien BPJS Kesehatan, sebab jika pasien peserta BPJS Kesehatan datang berobat stok obat tidak ada, padahal mereka sudah membayar iuran.

Jika peserta BPJS Kesehatan membeli obat umum, katanya, tentu harganya mahal atau akan muncul masalah atas protes keberatan mereka nantinya, sehingga operasional RSUD diputuskan dihentikan sementara untuk melayani peserta BPJS.

"Penghentian operasional RSUD Teluk Kuantan ini sudah diumukan di RSUD, agar masyarakat bisa memahaminya, serta menghindari kesulitan dokter dari kunjungan pasien, sebab stok obat belum tersedia memadai," katanya.

Pihak RSUD juga berharap pasien BPJS Kesehatan bisa mengetahui kebijakan ini sehingga mereka bisa mengambil sikap untuk mencari RS lain sementara waktu.

Menurut David Oloan, pihak BPJS Kesehatan tetap meminta RSUD Teluk Kuantan melayani pasien BPJS yang akan rujuk ke RS lain.

"Kita akan memberikan bantuan administrasi pasien yang akan dirujuk ke RS lain nantinya," ujarnya.
''Manajemen RSUD Teluk Kuantan bersama BPJS Kesehatan, Pemkab Kuantan Singingi, dan DPRD Kuantan, sudah berupaya mengatasi masalah stok obat untuk peserta BPJS Kesehatan namun sampai sekarang belum ada solusinya,'' sambungnya.

Ia berharap masalah ini cepat selesai dan RSUD Teluk Kuantan kembali dapat melayani pasien BPJS Kesehatan. ''Kini RSUD bukan tutup total namun masih tetap melayani pasien umum, gawat darurat atau emergency, rawat jalan dan rawat inap,'' tukuknya.(dow)

Manajemen RSUD Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mulai Senin (21/3) menghentikan sementara pelayanan kesehatan terhadap pasien peserta BPJS Kesehatan, karena pengadaan obat bagi pasien BPJS Kesehatan masih bermasalah. "Ini kebijakan yang paling tidak diinginkan, namun harus dilakukan karena pengadaan obat untuk pasien BPJS Kesehatan belum ada solusinya, kendati masalah ini sudah disampaikan ke pejabat terkait," kata Direktur Teluk Kuantan, dr David Oloan Napitulu MArs, dalam keterangannya, Minggu (20/3).

Post a Comment

Powered by Blogger.