BERITA RIAU, SIAK - Untuk melengkapi destinasi wisata di Kota Siak sri Indrapura, Pemkab Siak terus berbenah membangun turap indah di tepian Sungai Siak. Tahun ini, rencananya akan membangun turap sepanjang 471 meter.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Siak
Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Siak Irving Kahar Arifin mengatakan, turap yang akan dibangun sepanjang 471 meter tahun ini dibagi dalam lima bagian.

Bagian pertama adalah Plaza utama berbentuk lingkaran dengan diameter 82,64 meter. Plaza ini dibikin lebih tinggi 60 cm dari permukaan jalur pijakan. Sehingga pengunjung berada lebih tinggi untuk menikmati pemandangan di Sungai Siak.

“Jika selesai nanti, panjang keseluruhan hampir 1 Km dengan kebar 12 meter. Sedangkan jalur pedestrian ini memanjang hingga ke Suak Masjid Syahabuddin sepanjang 235,55 meter,” kata dia.

Sementara di bagian ketiga, bakal dibangun tugu peringatan peristiwa bersejarah, sebagai tanda bersatunya Kesultanan Siak dengan NKRI.

Pada bagian empat bakal dibangun mini plaza, tempat transit wisatawan dari kedua arah turap. Hebatnya, mini plaza ini dilengkapi jembatan klasik sepanjang 10,5 meter dan lebar 5 meter.

Untuk menikmati view yang lebih luas, juga dibangun gardu pandang berdiamater 20 meter dan tinggi 7 meter. Gardu ini dilengkapi dengan floating dock sepanjang 40 meter dan lebar 4 meter.

Sedangkan di bagian kelima, dilengkapi dengan pusat informasi, pos jaga dan toilet umum.

“Untuk tahun ini, kita anggarkan untuk pembangunan turap sepanjang 471 meter itu sebesar Rp 40 miliar. Mudah-mudan dalam waktu dekat ini tendr selesai dan pembangunan bisa dilanjutkan,” kata dia. (sia02)

Untuk melengkapi destinasi wisata di Kota Siak sri Indrapura, Pemkab Siak terus berbenah membangun turap indah di tepian Sungai Siak. Tahun ini, rencananya akan membangun turap sepanjang 471 meter.

Post a Comment

Powered by Blogger.